Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai
bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting
sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik. Berbagai
tips di bawah akan membantu Anda.
1. Kesan Individual
Jika
Anda berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Anda
menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Selain
itu perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang.
Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus,
untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Anda tidak
mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms.
Suryanegara.
Ingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak
template atau contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh
tersebut. Ubahlah sesuai dengan keperluan Anda.
2. Singkat dan Padat
Jangan
bertele-tele. Tuliskan surat Anda dengan singkat dan padat. Gunakan
bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu
berusaha untuk mengesankan pembaca Anda dengan menggunakan kata-kata
yang sulit.
Ingat: Jangan menulis surat lamaran Anda lebih dari
satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat
lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.
3. Rapi dan Bersih
Sedapat-dapatnya
gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dengan
begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga
mudah dibaca.
Ingat: Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.
4. Isi
Dalam surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang perlu dituliskan:
Pembukaan: Sebutkan
dimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja
tersebut.Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan
kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari
seorang teman Anda.
Pekerjaan Anda sekarang: Ceritakan secara singkat
posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini. Anda juga perlu menceritakan
secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Agar
memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara
kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang
perlu Anda perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan
dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca dengan baik persyaratan yang
dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang
Anda lamar adalah di bidang marketing research, Anda mungkin tidak perlu
menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.
Pendidikan: Jika
latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat
pendidikan tertinggi Anda. Jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di
sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Anda menuliskannya di surat
lamaran.
Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda
mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada
baiknya Anda menyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk
proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof Read
Proof
read artinya membaca kembali seluruh tulisan Anda dan memastikan
semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada
kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang
digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan
grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan
dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang
penting untuk memperoleh pekerjaan".
sumber: http://tips-lamaran-kerja.blogspot.com/
Selesai Juga Dech Tutorialnya....
Terimakasih Atas Kunjungannya....
Semoga Ilmu Yang Sedikit Ini Bermanfaat....
Jangan Lupa Like Post Ini Ya.... Terimakasih....
0 komentar:
Posting Komentar