Error Handling Pada Visual Basic 6

visual basic

visual basic
Programmer pemula yang menggunakan VB 6 mungkin sering mengalami banyak error ketika melakukan coding. Informasi error yang ditampilkan oleh VB sendiri cukup jelas menandakan dimana kesalahan coding terjadi. Hal ini memang bagus untuk membenahi aplikasi yang sedang dibangun. Sayangnya terkadang error yang kita anggap kurang penting tetap ditampilkan. Bisa dibayangkan ketika kita sedang menjalankan (running) aplikasi yang sudah jadi kemudian ada kesalahan proses yang sebenarnya tidak penting dan tetap ditampilkan, sehingga proses running terhenti. Bagaimana pula bila aplikasi tersebut sudah kita implementasikan ke sebuah perusahanaan. Tentunya ini akan merepotkan dan menandakan adanya bug pada aplikasi yang kita buat.
Itulah pentingnya sebuah error handling pada pembuatan aplikasi. Pada pemrograman java, .Net atau bahasa pemrograman lainnya kita mengenal “try” dan “catch“, yang menangani terjadinya error dan melanjutkan ke proses yang sudah kita tentukan. Begitu juga pada VB 6. Mungkin bisa juga menggunakan model try-catch ini, namun saya belum tahu dan belum mencobanya.

Error handling yang saya gunakan adalah “On Error Goto – - -” dan “On Error Resume Next”. “On Error Goto – - -” maksudnya adalah ketika terjadi error maka diteruskan ke proses yang ditentukan pada “- – -”. Kalau Anda bingung, bisa diisi dengan angka “0″ atau lengkapnya ditulis “On Error Goto 0″. Jadi ketika terjadi error maka aplikasi tidak dilanjutkan ke proses manapun. Sedangkan “On Error Resume Next” maksudnya adalah ketika terjadi error, maka dilanjutkan dengan proses berikutnya.
Handling ini akan menyembunyikan error yang terjadi pada aplikasi yang kita buat, baik error yang sifatnya penting maupun tidak. Ya setidaknya bagi Anda yang akan menghadapi sidang Tugas Akhir bisa menggunakan cara ini supaya tidak terlihat ada error, meskipun sebenarnya buanyaaaak!!! hehehe. :-D Tetapi dalam proses coding sebaiknya error handling ini d’matikan dahulu supaya Anda bisa memaksimalkan kemampuan untuk mengatasi error yang terjadi pada aplikasi yang Anda bangun.
Semoga Bermanfaat.


Selesai Juga Dech Tutorialnya....
Terimakasih Atas Kunjungannya....
Semoga Ilmu Yang Sedikit Ini Bermanfaat....
Jangan Lupa Like Post Ini Ya.... Terimakasih....



0 komentar:

Posting Komentar